Keuntungan Menjadi Seorang Programmer - Jejak Code

Breaking

PASANG BANNER 728X90

Sabtu, 24 Februari 2018

Keuntungan Menjadi Seorang Programmer


Apa itu Programmer?

Programmer merupakan sebuah profesi yang bertugas untuk membuat aplikasi mobile serta desktop maupun website dengan menyusun beberapa bahasa pemrograman berdasarkan logaritma dan logika yang ia miliki. Profesi ini termasuk profesi yang cukup keren dan membanggakan karena tidak semua orang bisa menjadi seorang programmer. Dibutuhkan pengorbanan yang cukup besar untuk menjadi ahli di bidang yang satu ini. Banyak sekali orang yang ingin menjadi seorang programmer, karena programmer ini memiliki beberapa kelebihan yang menurut mereka itu merupakan kelebihan atau keuntungan yang jarang ditemukan pada profesi lain selain programmer. Namun, banyak juga orang yang tidak ingin memilih programmer sebagai profesinya, dikarenakan menurut mereka, programmer juga memiliki kekurangan. 

1. Bisa Mengasah Ketelitian

Menjadi seorang programmer berarti kamu dituntut untuk membuat program aplikasi / software. Bisa saja games, website, dan lain-lain. ketika kamu sedang membuat, pastinya tidak langsung jadi.

Kamu harus mengalami kegagalan seperti salah penulisan syntax. Bahkan programmer  terhebat di dunia yang hebat pun bisa saja mengalami kesalahan ketika membuat program.

Pada saat itulah kamu dituntut oleh diri kamu sendiri untuk meneliti kesalahan apa yang telah kamu perbuat dalam membuat program aplikasi. Secara tidak langsung, kemampuan kamu dalam hal ketelitian akan terasah dan lama-kelamaan akan bertambah seiring berjalannya waktu. 

Karena ketelitian merupakan unsur penting dalam dunia pemrograman. Sebenarnya tidak hanya pada dunia pemrograman (programming) saja, tetapi pada bidang lainnya. Namun, untuk dunia pemrograman, ketelitian itu wajib dimiliki oleh semua programmer karena itu merupakan kelebihan yang tidak terhingga.  

2. Tidak Gaptek

Ini merupakan keuntungan menjadi seorang programmer. Jika menjadi seorang programmer pasti hampir setiap hari menggunakan PC. Pastinya, kamu suka dengan yang namanya teknologi. Sementara itu, seiring berjalannya waktu, teknologi pasti akan terus berkembang. Seorang programmer pasti cepat mengetahui informasi perkembangan teknologi sebelum orang awam yang mengetahuinya.  

Selain itu, pada bahasa pemrograman juga semakin lama semakin diperbaharui dan dikembangkan oleh sang developernya sehingga mengalami perubahan struktur (syntax) pada bahasa pemrogramannya. Hal itu membuat seorang programmer mau tidak mau harus mengikuti cara penulisan bahasa pemrograman yang baru. Hal itu membuat programmer tidak gaptek. 

3. Logika Programmer Terasah Dengan Baik

Inilah kelebihan atau keuntungan yang ketiga menjadi seorang programmer. Pada dasarnya, pekerjaan yang dilakukan oleh programmer itu cukup mengasah logika. Menjadi programmer itu dibutuhkan kemampuan logika yang cukup baik. Karena di setiap kode program bahasa pemrograman, sangat diperlukan logika yang kuat untuk menyelesaikan masalah.

Programmer itu harus bisa menjadi problem solver atau pemecah masalah. Umumnya, dalam memecahkan masalah, seseorang menggunakan logika. Hal itu sama dengan programmer, membutuhkan logika agar bisa memahami alur dan logaritma dari penulisan sintaks bahasa pemrograman (coding). 

4. Kemungkinan Bisa Mengatur Kondisi Keuangan

Keuntungan menjadi seorang programmer yang selanjutnya yaitu bisa mengatur kondisi keuangan dengan baik. Mengapa demikian? Karena siklus hidup programmer itu jarang keluar rumah, tetapi hampir setiap harinya melihat PC dan membuat program dengan bahasa pemrograman.

Dengan begitu, secara tidak langsung seorang programmer  telah menghindari diri dari keborosan dan menghambur-hamburkan uangnya dan lebih memilih untuk membuat program.

Dengan menguasai bahasa pemrograman, maka kamu bisa menjadi seorang progammer. Bahasa pemrograman merupakan unsur yang sangat penting bagi programmer karena dengan bahasa pemrograman, seorang programmer bisa melaksanakan tugasnya yaitu membuat sebuah program maupun website. 

5. Terlihat Keren

Sebenarnya ini bukan sepenuhnya keuntungan menjadi seorang progammer. Tetapi, banyak orang yang ingin menjadi seorang programmer karena kelebihan yang satu ini. Banyak orang yang ingin terlihat keren ketika menjadi seorang  programmmer.

Memang, alasan tersebut tidak sepenuhnya misleading. Tetapi, tidak sepenuhnya benar juga apabila ketika kita mengejar suatu profesi karena alasan gengsi. Biasanya orang-orang yang seperti ini lebih cepat tidak tahan dengan cobaan dan ujian yang dihadapi pada jurusan atau profesi tersebut.

Banyak yang ingin menjadi seorang programmer karena menurut mereka, menjadi seorang programmer dinilai memiliki banyak keuntungan. Namun jika kamu tidak memiliki hal di bawah ini, hampir mustahil kamu bisa menjadi seorang programmer, apalagi menjadi programmer yang disenangi atasan.

6. Terlihat Jago Dalam Komputer

Banyak orang awam yang jika sudah mendengar kata programmer, dia pasti beranggapan bahwa seorang programmer itu memiliki kemampuan tak terbatas dalam bidang komputer dan teknologi. Banyak juga orang awam yang meminta tolong kepada seorang programmer untuk membetulkan printernya.

Bahwa seorang programmer itu tidak sepenuhnya ahli dalam dunia komputer. Memang, programmer itu dalam kerjanya selalu berhubungan dengan komputer. Namun, bukan berarti dia menjadi pakar dalam bidang komputer. 

Kalau dilihat dari namanya, “programmer” merupakan gabungan dari kata “program” dan “er” (kalau dalam bahasa inggris, kata “er” bisa diartikan sebagai pelaku atau yang melakukan). Dalam dunia IT program itu bisa kita artikan sebagai perangkat lunak (software) atau aplikasi. Jadi, programmer adalah seseorang yang bertugas untuk membuat sebuah program.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar